Sabtu, 07 Juni 2014

PENYUSUNAN ANGGARAN DI SKPD HARUS LEBIH CERMAT DAN TELITI
Pandeglang – Berdasarkan Hasil evaluasi yang dilakukan, sampai dengan saat ini masih terdapat kekeliruan yang terjadi dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD). Kekeliruan ini, secara umum disebabkan oleh kurang telitinya SKPD dalam menyusunan RKA-SKPD , “Selain itu pemahaman aparatur penyusunan Anggaran di SKPD terhadap peraturan perundang – undangan yang terkaitpun dirasa masih kurang maksimal”,demikian disampaikan Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi dalam pembukaan acara Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Anggaran yang dilaksanakan di di Hotel Wira, Rabu (4/6).
Dijelaskannya, akibat dari adanya kekeliruan itu pada akhirnya akan menyebabkan terganggunya penyerapan anggaran yang berimbas terganggunya pencapaian target pembangunan yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain itu adanya kekeliruan dalam penyusunan anggaran ini menjadi catatan dalam audit laporan keuangan daerah oleh BPK RI yang berpengaruh terhadap penilaian atau opini terhadap laporan keuangan daerah, “Kami harapkan melalui Bintek ini kualitas sumberdaya aparatur penyusun anggaran dapat ditingkatkan. Selain itu kamipun menginginkan agar dmasa yang akan datang kekeliruan yang terjadi tidak terulang lagi, oleh karena itu kami menekankan agar SKPD untuk lebih teliti dan cermat dalam proses penyusunn RKA-SKPD dengan berdasarkan pada ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku,”katanya.
Sementara ketua panitia pelaksana acara bintek dan juga sebagai Kepala Bidang Anggaran Pada Dinas Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset (DPKPA) Sunarto mengatakan, tujuan umum dari bintek ini mewujudkan system pengelolaan Keuangan Daerah yang efektif, efisien, transfaran dan akun table serta meningkatkan sumberdaya aparatur dalam bidang perencanaan dan penganggaran, “Sedangkan tujuan hususnya yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para penyusun anggaran terhadap berbagai regulasi yang berlaku dalam tatacara penyusunan rencana kerja dan anggaran SKPD serta meminimalisir kekeliruan yang terjadi dalam penyusunan anggaran,”katanya.
Dikatakannya, bintek ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 4-6 juni . Untuk peserta yang diundang dalam acara ini adalah seluruh pejabat Esselon IV yang ada di tiap SKPD, “Peserta yang hadir pada saat ini adalah Esselon IV yang membidangi perencanaan, evaluasi dan pelaporan pada SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Pandeglang”,jelasnya.
Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Pandeglang Heryani, Sekda Pandeglang Dodo Djuanda, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset (DPKPA) Ramadani, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Dadan Tafif Danial dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Moh Amri.

Untuk narasumber dalam bintek ini diantaranya dari Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Badan Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Provinsi Banten. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar