Sabtu, 07 Juni 2014

Gudang LPG meledak, 3 karyawanluka serius
Pandeglang 
Sebuah gudang penyimpanan dan reparasi (Perbaikan) tabung gas LPG  elpiji (Liquefield Petroleum Gas) tabung 3 kilogram (Kg) PT. Raka Abadi Jaya meledak di RT01 RW01 Desa Cibodas, Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang. Kamis (5/6) Pagi.
Menurut keterangan yang berhasil di himpun BB dilokasi kejadian, Peristiwa tersebut mengakibatkan tiga pekerja gudang mengalami luka bakar yang cukup serius. Korbannya yakni Jumadi  berusia 30 tahun, Ahmad efendi berusia 25 tahun, dan Hendrik berusia 33 tahun yang mengalami luka bakar di tangan dan kaki.
Dari keterangan yang di peroleh menyebutkan, kejadian bermula sekira pukul 10.50 WIB saat salah seorang pegawai tengah melakukan perbaikan tabung gas tiga kilo gram dengan mesin las yang kemudian tabung gas yang tanpa disadari masih menyala bara api di salah satu bagian tabung tersebut tersebut dibawa masuk. Dan tanpa disadari ternyata salah satu pegawai lainnya tengah melakukan peenggantian pentil atau katup tabung gas Tiga kilogram pada mesin pengisian, yang ternyata  tabung gas yang diganti tersebut masih terdapat sisa cairan gas.
Dari kelalaian tersebut, alhasil menimbulkan api yang langsung menyambar ke beberapa tabung lain yang sedang di buka tersebut.  Api yang secara cepat menjalar membuat panik karyawan yang berada di dalam Gudang tersebut. Dan berusaha memadamkan api seadanya dengan menggunakan Tabung Pemadam (Hidrant) yang  berada digudang tersebut.
Namun naas bagi ketiga korban yang berada di dekat dengan sumber api. Yang saat kejadian juga tiidak menggunakan pakaian pengaman membuat ketiga korban tersebut harus mengalami luka bakar cukup serius pada bagian lengan dan langsung dilarikan kerumah sakit oleh rekan rekan kariawan gudang tersebut.
Kapolsek Banjar Ajun Komisaris Polisi AKP. Mario As, yang langsung terjun kelokasi kejadian yang saat mengetahui informasi tentang terjadinya ledakan tabung gas tersbut mengatakan, berdasarkan data dari saksi saksi karyawan, bahwa kejadian tersebut bukan merupakan sebuah ledakan dari tabung gas tiga kilogram. Melainkan kelalaian dari salah seorang kariawan yang membawa tabung gas yang habis di perbaiki menggunakan las yang masih menyala bara api yang dibawa masuk kedalam gudang saat sedang ada proses pengerjaan perbaikan penggantian Pentil/katup tanbung gas tiga kilogram.“Ini merupakan gudang penyimpanan dan perbaikan. Dan intinya kejadian ini ada salah satu karyawan yang sedang melakukan perbaikan tabung dengan mesin las, dan dibawa kedalam, sedangkan didalam sedang melakukan perbaikan membuka pentil  tabung gas, api langsung menyambar tabunggas yangv sedang dibuka pentilnya tadi”. Jelasnya kepada wartawan di lokasi kejadian. Kamis (05/6). Kemarin
Dikatakannya saat ini pihak kepolisian akan terus menyelidiki untuk menemukan apakah ini murni merupakan kelalaian atau ada kemungkinan lain, Satuan tim Identifikasi Polres pandeglang juga ikut diterjunkan untuk menangani kasus ini dan untuk korban yang mengalami luka bakar langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandeglang untuk menjalani perawatan. (jat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar