Minggu, 06 Juli 2014

Apem Putih Menu Buka Puasa



Apem Putih Menu Buka Puasa
Berita Pandeglang - CIMANUK,
Bulan Suci Ramadhan memang bisa dikatakan bulan penuh berkah karena selain mendapatkan pahala dari yang kuasa bulan ramadhan juga menjadi momen untuk berjualan kue khas cimanuk yakni Kue Apem Putih yang selalu diminati untuk santapan buka puasa, di Kecamatan Cimanuk Pandeglang contohnya para pedagang kue Apem Putih terlihat menjamur karena keberadaan nya sangat mencuri perhatian para pengendara yang melintas di sepanjang jalur jalan di Kecamatan Cimanuk yang cara berjualannya berbeda dengan cara menjual kue lainnya, yakni dengan memberhentikan para pengendara yang melintas diareal jalan nasional.
Salah seorang pedagang Sardah mengatakan, memang sudah menjadi tradisi Masyarakat di Kecamatan Cimanuk jika saat Ramadhan banyak penjual Apem Putih. Karena menurutnya Tradisi tersebut sudah diturunkan oleh para orang tuanya puluhan Tahun yang lalu. Terkait dengan cara mereka menjual Kue tersebut, Sardah menuturkan, jika memang pada Bulan – bulan biasanya mereka berjualan Apem Putih tersebut hanya di Pasar Cimanuk saja akan tetapi pada Bulan Ramadhan mereka menjualnya dengan cara memberhentikan para pengendara yang melintas karena dengan cara tersebut Lanjut Sardah, membuat hasil penjualan mereka menjadi meningkat. “Beginilah cara kami untuk menarik pembeli pada Bulan Ramadhan yakni dengan cara memberhentikan para pengendara yang melintas,” ucapnya kepada di Kampung Kadubungbang, Desa/Kecamatan Cimanuk, Pandeglang. Sabtu (5/6).
Salah seorang pedagang lainnya Sarniah mengatakan, Apem putih dijual dengan harga Rp500 rupiah/bijinya namun biasanya menurutnya, para pembeli membeli apem putih tersebut per paket yakni dengan harga Rp15 ribu Per Paketnya dan dengan datangnya Bulan Ramadhan penghasilannya dari penjualan apem putih juga ikut meningkat yakni biasanya dirinya hanya meraup keuntungan Rp30 ribu jika di Bulan Ramadhan sampai Rp70 ribu per harinya. “Alhamdulillah, penghasilan juga meningkat jika Bulan Ramadhan tiba dan kadang juga bisa lebih dari Rp. 70.000 perharinya,” ujarnya.

Salah seorang pengendara Jaenudin warga bojong saat dikonfirmasi usai membeli Apem Putih Sabtu 5/7 kemarn, pihaknya mengatakan, memang terkadang agak sedikit terganggu dengan aktivitas para penjual apem putih disepanjang jalan yang ada di Kecamatan Cimanuk tersebut akan tetapi kata Jaenudin, aktivitas tersebut hanya dilakukan oleh para pedagang di Bulan Ramadhan saja. Jaenudin juga menambahkan, dirinya pun terkadang kalau pulang kerja suka berhenti dan membeli apem putih tersebut untuk sajian berbuka puasa bersama keluarganya. “kadang saya juga merasa terganggu, tapi gak apa – apa Cuma Bulan Ramadhan ini dan saya juga baru beli untuk buka puasa bersama keluarga,” Katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar